January 3, 2017

6 Tips Jitu Menjalankan Bisnis Karikatur Dengan Memanfaat Twitter

6 Tips Jitu Menjalankan Bisnis Karikatur Dengan Memanfaatkan Twitter
Assalamualaikum wr. wb

Kini sama-sama kita ketahui bahwa media sosial tidak hanya untuk bersosialisasi semata. Dengan seiring semakin majunya teknologi dan internet, media sosial pada zaman sekarang banyak dimanfaatkan oleh pebisnis online untuk meraup uang. Begitu juga dengan bisnis karikatur, media sosial memiliki peluang besar untuk menghasilkan uang. Kalau sebelumnya saya sudah membahas promosi jasa karikatur melalui Facebook dan Instagram, kali ini saya akan mencoba memanfaatkan media sosial Twitter. Di Indonesia, pengguna twitter dari tahun ke tahun semakin meningkat bak jamur di musim hujan.


Dari beberapa situs yang saya sadur bahwa pengguna Twitter di Indonesia sudah mencapai angka 50 Juta Pengguna dan akan terus bertambah setiap tahunnya. Hal ini tentunya haruslah dimanfaatkan untuk sebuah bisnis online seperti jasa karikatur ini. Dengan semangat dan kerja keras Insya Allah akan mendapatkan hasil seperti yang kita inginkan. Nah... lantas bagaimana caranya agar twitter bisa menjadi ladang uang untuk bisnis karikatur kita ????

Untuk itulah saya akan mencoba berbagi tips kepada sobat blogger yang menjalankan bisnis karikatur ini, bagaimana kiat dan cara untuk  memanfaatkan twitter agar lebih optimal lagi. 

1. Buatlah Username dengan branding"Karikatur" 

Dengan membuat sebuah username dengan branding karikatur akan membuat calon pelanggan tidak harus repot dan bertanya lagi. Mereka sudah tahu bahwa produk/jasa yang sobat tawarkan adalah Pelayanan Jasa Karikatur. Misalnya sobat bisa membuat username "Jasa Karikatur Murah" atau "Buat Kariktur Unik". Intinya sobat harus menggunakan username dengan menyematkan Karikatur didalamnya. Bagaimana ???? saya kira sobat sudah bisa menentukan username yang cocok untuk bisnis karikaturnya. Jika sudah maka kita akan masuk ke langkah selanjutnya.

2.  Buatlah foto avatar berupa gambar karikatur yang sobat miliki

Setelah sobat menentukan username yang cocok untuk bisnis karikatur sobat maka langkah selanjutnya adalah memasang avatar. Avatar adalah foto profile yang dipasang di akun twitter sobat. Gunakan gambar karikatur yang sobat miliki, hal ini akan menarik perhatian calon pelanggan. Sobat bisa mengatur secara berkala untuk mengganti avatar agar para calon pelanggan tidak merasa bosan dan tidak menganggap kalau bisnis karikatur sobat tidak update. 

3.  Buat profil semenarik mungkin dan informatif

Profil adalah deskripsi singkat mengenai produk/jasa yang sobat tawarkan. Sobat bisa membuat profil mengenai jasa karikatur yang sobat tawarkan dengan singkat, padat dan menjual karena keterbatasan karakter yang hanya 160 karakter untuk sebuah akun twitter. Tidak usah membuat profil yang terlalu rumit, yang penting sobat harus menampilkan kontak yang bisa dihubungi atau website yang mengarah ke bisnis karikatur sobat dan jika sobat sudah memiliki toko fisik maka tampilkan alamat toko tersebut.

4.  Mulai mem-follow

Disini sobat bisa mem-follow akun yang juga menawarkan jasa karikatur, hal ini bertujuan agar sobat dapat beradaptasi dan mengetahui lebih jauh hal-hal apa saja yang perlu dilakukan agar bisnis karikatur ini bisa berjalan mulus dan memiliki daya saing yang tinggi. Pelajari teknik yang mereka lakukan dan ambil sisi positif dari pesaing itu karena partner yang akan membuat kita semakin maju adalah para pesaing kita.

5.  Mulai nge-twit

Nge-twit adalah memposting tulisan ke sesama pengguna twitter lainnya. Jika sobat ingin memasarkan jasa karikatur melalui twitter, maka saran saya mulailah dengan memberikan tulisan yang bermanfaat bagi calon pelanggan karikatur dan juga informatif yang akan membuat calon pelanggan karikatur memfollow akun twitter sobat.

Memposting tulisan itu tidaklah harus menawarkan bisnis karikatur, sobat bisa selingi dengan candaan atau humor, karena terlalu postingan yang terlalu kaku akan membuat calon pelanggan merasa bosan. Buatlah jadwal untuk twit-twit yang akan sobat posting, pelajari terlebih dahulu waktu-waktu yang tepat untuk posting tulisan di twitter. Biasanya ni di pagi hari antara jam 7 sampai jam 8 lalu pada saat siang hari antara jam 12 sampai jam 1 dan pada malam hari dari jam 8 sampai jam 10 malam. Pada jam - jam segini sobat bolehlah menawarkan jasa karikatur, dan pada jam-jam selain itu sebaiknya selingi dengan postingan yang membuat ngakak calon pelanggan sobat atau bisa juga tips - tips yang berguna agar mereka tidak bosan.

6. Lakukan dengan konsisten

Tips terakhir yang bisa saya berikan pada sobat semua adalah lakukan dengan konsisten. Walaupun saya sudah panjang lebar menjelaskan dan menjabarkan semua point-point diatas jika tidak dilakukan secara konsisten maka tidak akan mendapatkan hasil terbaik bahkan sia-sia belaka. Langkah-langkah diatas adalah langkah yang sederhana untuk memasarkan bisnis karikatur dengan memanfaatkan akun twitter dan akan sangat dahsyat jika dilakukan dengan Konsisten. Tidak ada hal baik yang akan sia-sia jika dilakukan dengan kerja keras, semangat tinggi dan konsisten, jadi mulailah dengan action.

Cukup sekian aja ni tips - tips yang bisa saya berikan semoga bermanfat untuk semua. Akhir kata saya ucapkan Wassalamualaikum wr. wb.

Sumber referensi : www.maxmanroe.com


BACA JUGA :

2 komentar

Mantap nih Bang branding usaha via sosial medianya, semoga sukses selalu :)

terimakasih mbak nia ...

Terimakasih atas kunjungannya, komentar tidak dimoderasi. Mohon tidak membuat link aktif.