January 28, 2017

Cara Berkomunikasi Yang Benar terhadap Pelanggan Karikatur

Cara Berkomunikasi Yang Benar terhadap Pelanggan Karikatur
Assalamualaikum wr. wb

Entah kenapa malam ini malas sekali rasanya mau menulis artikel, tetapi untuk memberikan tips-tips yang berguna bagi sobat semua, maka dengan semangat saya akan coba menghilangkan rasa malasnya. Sama-sama kita ketahui memasarkan jasa karikatur itu tidak diharuskan secara online. Dengan berinteraksi secara langsung menawarkan jasa karikatur kepada pelanggan karikatur yang kita jumpai juga merupakan suatu cara yang sangat efektif untuk mempromosikan bisnis karikatur. 


Adakalanya kita jumpai pelanggan karikatur yang baik dan adakalanya pula kita mendapatkan pelanggan yang cerewet, bawel, tidak sabaran, bahkan ada juga pelanggan karikatur yang terus bertanya tentang jasa karikatur ini tetapi tidak jadi memesan jasa karikatur. Tentunya hal ini akan membuat kita marah dan emosi, namun kita sebagai penyedia jasa karikatur tidak boleh marah atau menunjukkan hal yang membuat pelanggan karikatur tersinggung. Sekali lagi saya katakan pelanggan karikatur kita adalah raja yang harus dilayani dengan baik. Untuk itulah kita sebagai penyedia jasa karikatur harus mengetahui cara berkomunikasi yang baik dengan pelanggan agar pelanggan karikatur terpenuhi keinginannya dan jadi memesan jasa karikatur. Menurut saya faktor komunikasi adalah suatu hal yang sangat penting karena berpengaruh terhadap si pelanggan karikatur apakah jadi atau tidak memesan jasa karikatur. Namun bagaimana caranya agar komunikasi tersebut bisa memikat hati para pelanggan karikatur ??? berikut akan saya jelaskan satu persatu :

1.  Berikan kesan pertama yang bagus kepada pelanggan karikatur

Kesan pertama adalah suatu hal yang sangat penting, berikanlah kesan pertama yang bagus untuk pelanggan karikatur. Jika pada saat pertama berkomunikasi dengan pelanggan karikatur kita sudah memperlihatkan wajah yang jutek, tidak menutup kemungkinan pelanggan karikatur akan segera meninggalkan kita.

2.  Pergunakanlah kalimat yang singkat dan mudah dimengerti oleh pelanggan karikatur

Janganlah bertele-tele dalam menjelaskan jasa karikatur yang akan kita tawarkan. Berikanlah kalimat yang singkat namun jelas dan mudah dimengerti agar pelanggan karikatur tidak bingung dengan penjelasan kita.

3.  Teruslah tersenyum kepada pelanggan karikatur

Dengan memberikan senyuman akan memberikan kesan bahwa kita orang yang ramah dan tidak jutek terhadap pelanggan karikatur. 

4.  Berikan jawaban yang memuaskan kepada pelanggan karikatur, jika mereka bertanya

Jika pelanggan karikatur memberikan suatu pertanyaan, maka secepatnya berikan jawaban kepada mereka agar mereka merasa dilayani dengan baik. Hal ini memang kelihatan sepele namun berpengaruh besar dan memberikan kesan mendalam terhadap pelanggan karikatur kita.

5.  Gunakan kalimat yang bernada positif dan berikan pujina terhadap pelanggan karikatur

Pelanggan karikatur tentunya ingin mendengarkan kata-kata yang bernada positif dari kita yang bisa memberikan motivasi  dan juga mood yang bagus buat mereka. Dan sekali-kali jangan lupa untuk memberikan pujian agar mereka merasa tersanjung.

6.  Berbicaralah dengan antusiasme yang tinggi kepada pelanggan karikatur

Pelanggan karikatur akan merasa lebih tertarik dengan nada bicara kita yang memiliki antusias tinggi

7. Berikanlah tatapan mata yang penuh hormat, sopan dan bermartabat kepada pelanggan karikatur

Jika kita bertatapan mata dengan pelanggan karikatur, maka berikan kepadanya tatapan yang penuh hormat, sopan dan bermartabat agar pelanggan merasa dihargai oleh kita. Jangan sekali-kali memberikan tatapan yang sinis.

8.  Bersikap tulus kepada pelanggan karikatur

Bersikap tuluslah kepada pelanggan karikatur yang sedang kita jumpai, karena dengan sikap tulus tersebut akan membuat pelanggan karikatur akan betah berlama-lama bicara dengan kita. Hal ini bisa kita manfaatkan untuk menjelaskan secara gamblang tentang bisnis karikatur yang sedang kita geluti. 

9.  Jaga emosi saat berbicara dengan pelanggan karikatur

Emosi sangat perlu dijaga saat akan melayani pelanggan karikatur, apalagi disaat pelanggan menanyakan tentang suatu hal yang berhubungan dengan karikatur.

10. Jaga sikap terhadap pelanggan karikatur

Agar pelanggan karikatur merasa tertarik dan mau memesan jasa karikatur maka menjaga sikap adalah suatu hal wajib yang harus dilakukan. Jika kita bersikap baik terhadap pelanggan maka pelanggan karikatur pun akan merasa senang dengan kebaikan sikap yang kita lakukan dan besar kemungkinan akan memesan jasa karikatur yang kita tawarkan.

Demikian uraian singkat yang bisa saya berikan agar kita mampu memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan karikatur. Karena komunikasi dan interaksi terhadap pelanggan karikatur menjadi sangat penting untuk menarik simpati mereka. Akhir kata saya ucapkan Wassalamualaikum wr. wb.

Sumber referensi : pengayaan.com

BACA JUGA :

61 komentar

Emang yang namanya komunikasi itu sangat penting ya om.. bisa meyakinkan pelanggan agar mau order barang kita :-)

benar Mas .... kesan pertama dari pelanggan adalah komunikasi kita :)

Wah pelanggannya pasti banyak nih. Tipsnya banyak gitu. Kok gak ada ngedipin customer mas? Saya biasanya gitu kalo customernya mbak-mbak cakep, hahaha

tidak emosi dan tulus dalam mengadapi yang crewt rewel dan bikin hati kesel. tantangnnya itu loh mas muantaps

terimaksih ni Mangs Abdul

hahaha ... Mas Riza bisa aja ... tapi sarannya boleh juga tu mas untuk dicoba :)

kadang gitula Mangs Abdul , jika sdh menghadapi pelanggan karikatur yg cerewet, harus sabar karena pelanggan adalah raja :)

memikih kata positif sulit ga sih buat yang pesen karikatur, misal ada yang menti gambarnya aslinya gendut jadi kurus tapi tetep harus mirip.. nah ngomongnya gimana yak kalo gitu

yach kalau emang bisa kita kerjakan , kita kerjakan. akan tetapi jika emang tdk bisa ya kita katakan dgn halus jika itu tdk bisa dilakukan. begitu mbak Mirna :)

Wah keren. Saya tanda tangan aja fail, sering disuruh ngulang sama bank, apalagi karikatur :D

Komunikasi yang baik itu emang penting banget ya. Apalagi kalau via tulisan gitu. Ga jarang disalah artikan karena cara bacanya beda

hehehe ... terimakasih kunjungannya mbak Lusi

betul Mbak Dian saya setuju ... karena kesan pertama biasanya komunikasi yg baik terhadap pelanggan

Komunikasi awal yg baik buat pelanggan Apa pun usahanya

Tamu adalah raja. Saat disambut positif, meski gak beli tp berkesan baik

jika komunikasi awal baik maka kemungkinan besar pelanggan akan memesan jasa kita .... :)

walau tdk jadi memesan jasa mungkin suatu saat ia akan datang kembali

Bener ..komunikasi di sosmed contohnya..karena kt nggak ketemu langsung kadang kita nggak ngerti apa lawan bicara kita tersinggung atau marah atau gimana ....sama juga dengan memperlakukan pelanggan..harus sabarlah intinya.

bagaimnapun kondisinya kita harus sabar ... betul tu mbak Dewi

Sebagai konsumen, kesan pertama dari seorang penyedia jasa memang sangat menentukan. Contohnya, aku pernah ketemu penyedia jasa yang juteeekkk banget. Akhirnya aku gak jadi order di dia. Selain komunikasi, penilaian terhadap penampilan calon customer juga harus diperhatikan mas. Jangan cuma liat penampilan calon customer kemudia menjudge mereka "mampu atau gak mampu". Kesel banget nih klo ketemu penyedia jasa yang kaya gini. Giliran kita berpenampilan keren, ramahnya bukan main. Ketika kita berpenampilan "gembel" juteknya naudzubilah.

terimakasih sarannya ni Mas ... akan saya terapkan :)

salam kenal
kunjungan balik pertama...

salam kenal juga Mas Rezky... terimaksih atas kunjungannya

Temanku ada yang pintar bikin karikatur. Tapi cuma disimpan sendiri. :( Rupanya bagus ya buat peluang usaha? :)

bagus juga mbak Nisa ... yg penting jgn malas untuk mempromosikannya :)

Wow...keren bisa bikin karikatur, mantap, sukses ya Mas Ahmad

aku suka nih sama poin2 diatas, coba setiap penjuala sopan santunnya kaya gitu, nagih kali buat belinya hehe

terimakasih ya mbak Rani

hehehe .... pastinya nagih mbak Ami

Senyum sama pelanggan bukan hanya berlaku bagi karikatur sih Mas tapi semua profesi :D

ia mbak Ajen ...Karena senyum menandakan bahwa kita ramah sama pelanggan

Setuju, aku pernah jualan online juga, memang harus sabar-sabar. Kalo dari sisi customer kita pasti akan pilih pedagang yang ramah walaupun harga agak mahal ketimbang pedagang yang judes. Kalo bisa sih udah murah ramah pula hihihi.

hehehe ... memang yg banyak dicari tu mbak Wuri, udah murah ramah lagi ....

komnikasi marketing untuk gaet konsumen memang wajib yang baik2 bg, lah kalau aku jadi pelanggan ajdi tau dung yang dilakukan penyedia jasa karikatur, haha

ia donk bg Sabda ... :)

Cara berkomunikasi yang baik dengan pelanggan emang penting banget

secara garis besar poin2nya bisa diterapkan dlm menjalankan usaha lain ya Mas

betul bgt tu mbak Liswanti .....

ia Mbak siethi ... untuk usaha yg lain pun bisa diterapkan juga

wahhh benar sekali nih, terima kasih sudah sharing om

sama-sama Mas Andrie

cara komunikasi diatas bagus juga untuk bisnis yang lain, smoga rame mas pelanggannya

Dengan sepuluh cara berkomunikasi tersebut maka para calon pelanggan maupun pelanggan akan merasa nyaman dan senang ya, Mas :)

pelanggan adalah raja, jadi wajib dihormati
meski kadang ada yang g tau diri,heheh

yap benar Mas ... terimakasih doanya

yang penting konsisten melaksanakannya Mas Akhmad

memang benar pelanggan adalah raja Mas Rezky ... walau kadang2 ada pelanggan yg berlebihan , kita harus sabar menghadapinya :)

Pembelinya juga nggak boleh kelewat cerewet, haha... Mesti sama2 menghormati juga.

kalau udh kelewat cerewet , ya sebel juga sich mbak Nita, tapi ya harus sabar, namanya pelanggan adalah Raja :)

Kalo cuma kebanyakan nanya tapi nggak beli ya pastinya KZL ya mas.. Heheheee. Sukses terus bisnisnya ya maaas

Kece nih bisnisnya Mas. Suka gambar dari kecil pastina ya? memang pelanggan beragam rasa juga. Sukses ya :)

ehmm .. gimana lagi Mas namanya pelanggan adalah raja , harus sabar hehehe

saya suka mengotak-atik foto mbak Widya ... :)

Kalau komunikasinya bagus, bisnis lancar ya

benar tu mbak Nathalia

Saya pernah jualan baju secara online. Dulu. Dan kurang lebih memang kayak gitu sih, karena balik lagi semua itu ke 'pelanggan adalah raja'. Meskipun beberapa sangat easy come easy go, tapi ya resikonya gitu, gimana lagi. Sama-sama butuh, komunikasi harus dijalin supaya sama-sama enak.. Paling gak meskipun gak jadi beli, dah berbuat kebaikan bersikap ramah.

Akhirnya sayanya gak kuat karena musti mengalokasikan banyak waktu di hape buat melayani chat :v

memang semuanya butuh kerja keras ya Mas biar hasil yg didapatkan juga maksimal ...... terutama maslah komunikasi ini :)

Jualan di sosial media emang kuncinya adalah sabar dan komunikasi
Semangat terus mas, sukses selalu

Yeap betul ... kesabaran adalah kunci utamanya mbak Yasinta

saya saya gak punya ke ahlian dibidang ini

Terimakasih atas kunjungannya, komentar tidak dimoderasi. Mohon tidak membuat link aktif.